Sabtu, 09 Februari 2019

Tentang Bonus dan Berhemat

Beranjak dewasa harus bisa mengatur hidup. Berhubung bonus dari perusahaan tempat kerja tidak setiap bulan turun maka perlu mengandalkan tabungan rencana yg di debet langsung dari tabungan atau menyisihkan uang. Kalau saya, setiap tabungan hampir semuanya terdebet buat tabungan rencana. Tempo bisa satu atau dua tahun dengan nominal minimal Rp. 100.000,-. Sedangkan cara lain yakni menyisihkan uang. Kalau saya dapat uang Rp 20.000,- langsung saya tabung di toples. Biasanya saya pecah setiap per semester/6 bulan.

Jika semua sudah jatuh tempo. Biasanya saya pakai buat belanja atau jalan-jalan. Anggap itu seperti bonus kerja. Pola hidup yang saya jalani seperti itu, membuat bisa berhemat. Lebih bersyukur sama keadaan. Perlu berusaha lebih keras/sabar jika ingin sesuatu. That's life.